Hal sepele yang sering tidak disadari dan kerap mengakibatkan aki menjadi
tekor yaitu cara menghidupkan sepeda motor yang salah.
Ilustrasi starter sepeda motor. |
Jika memperoleh perawatan yang baik, usia pakai aki bisa mencapai 1,5 - 2
tahun. Bahkan beberapa kasus membuktikan aki bisa dipakai sampai 3 tahun. Namun
karena sesuatu hal, aki yang berusia baru 6 bulan bisa jadi tekor. Salah satu
penyebabnya yaitu cara salah saat melakukan starter atau menghidupkan motor.
Terutama jika motor yang brosis miliki adalah motor dengan sistem bahan bakar
injeksi.
Baca Juga: Ini Dia! Dua Model Helm Terpopuler 2019
Sepeda motor injeksi dilengkapi dengan lampu Malfunction Indicator Lamp
(MIL). Instrumen ini berfungsi untuk mendeteksi kelainan atau kerusakaan yang
dialami oleh komponen injektor, sensor, kelistrikan dan berbagai komponen yang
lainnya. Ketika gangguan itu terjadi, maka lampu MIL akan berkedip.
Kebiasaan yang selalu diterapkan saat menggunakan sepeda motor dengan
sistem karburator sebaiknya jangan diterapkan saat mengoperasikan sepeda motor
injeksi. Pada sepeda motor tipe karburator, sesaat setalah kunci kontak diputar
ke posisi ON langsung pencet tombol starter tidak akan mengakibatkan masalah
apa-apa. Namun berbeda halnya dengan motor injeksi. Jika hal tersebut sering
diterapkan, akan membuat aki menjadi berusia pendek.
Ketika kunci kontak diputar pada posisi ON, saat itu pompa bahan bakar aktif.
Membutuhkan suplai listrik untuk memberi tekanana kepada injektor. Dengan
demikian, aki menanggung beban yang lumayan besar. Jika motor dipaksa distarter
pada waktu bersamaan, maka aki memikul beban yang semakin besar. Kalau brosis
tak ingin aki cepat tekor, tunggu sampai lampu MIL mati. Baru setelah itu silakan
pencet tombol starter motor.
No comments:
Post a Comment