KRS VESPA SERVIZIO: Bengkel Plus Mabes Kreo Rock Scooter - KABAR BISNIS MU

KABAR BISNIS MU

Bisnis adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk menghasilkan uang dengan memproduksi dan menjual suatu produk, baik itu barang atau jasa. KABAR BISNISMU memberikan segudang informasi tentang peluang usaha, bisnis,kuliner,tehnologi dan berita berita terbaru

Friday, March 8, 2019

KRS VESPA SERVIZIO: Bengkel Plus Mabes Kreo Rock Scooter


Buka pukul 11.00 kemudian tutup pukul 17.00 itu ritual lumrah seperti yang dianut bengkel pada umumnya. KRS Vespa Servizio berbeda dengan bengkel-bengkel pada umumnya. “Di sini boleh dikatakan buka 24 jam. Banyak anggota tim yang berkumpul, kongkow saat malam hingga pagi hari. Kalau ada yang mau butuh perbaikan, silakan datang, ketuk saja. Nggak perlu sungkan,” tutur Bowi, mekanik ahli KRS Vespa Servizio yang berlokasi di daerah Pondok Kacang, Tangerang, Banten, Jawa Barat.

Vespa-vespa klasik menjadi pasien KRS Vespa Servizio.
Bengkel tersebut mengkhususkan diri sebagai spesialis perbaiakan dan modifikasi Vespa Klasik. Tak heran jika saat masuk ke benkel itu, Bray Sist akan segera disuguhi pemandangan mesin-mesin vespa yang sedang dibongkar, dan bodi vespa yang sedang bersolek melalui serangkaian proses pengecatan. Masih awam dengan mesin vespa? Mekanik di sana ramah-ramah kok. Mereka dengan senang hati menjelaskan setiap pertanyaan. “datang dan gabung saja di sini. Setiap malam buka kok. Nanti kita bisa ngobrol dan tukar pengalaman,” kata Bowi.


Mekanik berambut gondrong itu juga menuturkan, bahwa bengkel tersebut merupakan bengkel pindahan “Sebelumnya bengkel ini berlokasi di daerah Kreo, Ciledug. Di sini kami masih baru sekitar 4 bulan,” paparnya sambil lakukan pengamplasan salah satu part vespa. Lalu, layanan atau servis apa saja yang bisa diperoleh di bengkel itu? “Kami melayani  tune up, turun mesin, body repair, custom, bikin pesanan misalnya memikin vespa ala chopper, otoped dan pembuatan  sespan”.


“Kami juga ahli mesin. Namun di sini belum bisa melakukan pembubutan. Biasanya kalau harus ada yang dibubut, kami bawa ke bengkel bubut Berkah Jaya Teknik yang berlokasi di daerah Japos,”  kata Bowi.  Part Vespa yang terbuat dari bahan babet butuk tukang las dan tukang bubut khusus. Logam tersebut membutuhkan penanganan yang berbeda dengan penanganan yang dilakukan pada besi pada umumnya.

Dalam 1 minggu bisa menangani 2 -3 vespa yang harus menjalani turun mesin. Sementara pada setiap harin, KRS Vespa Sevizio melayani servis kecil dan perbelanjaan spare part vespa. Misalnya membeli busi, dan platina. “Umumnya yang datang kesini itu memperbaiki platina”, imbuh Bowi.  Lantas bagaimana dengan biaya perbaikan?  Turun mesin biaya jasanya berkisar antara 350.000. “Biya tersebut di luar biaya bahan. Hanya tenaga saja,” katanya. Berbagai spare part yang disediakan yaitu platina, bearing, tali-tali, karburator, dan lain sebagainya.

Semua suku cadang yang dibutuhkan disediakan di sana. Namun, jika spare part yang diinginkan tidak tersedia, tim KRS bisa membantu mencarikan spare part tersebut. “Harus dicarikan kanibal atau copotan dari motor lain. Butuh waktu untuk menemukan. Yang pasti harus bersabar selama memesan,” tuturnya.

Saat itu ada 6 vespa klasik yang sedang ditangani di bengkel itu. Dua di antaranya sedang menjalani pengecatan bodi, dan 4 lainnya menjalani perawatan turun mesin. Bowi beserta seorang mekanik siap melayani urusan perbaikan mesin, sedangkan mekanik yang lainnya bertugas menyelesaikan pekerjaan reparasi bodi dan modifikasi.

No comments:

Post a Comment