Buka pukul 11.00 kemudian tutup pukul 17.00
itu ritual lumrah seperti yang dianut bengkel pada umumnya. KRS Vespa Servizio
berbeda dengan bengkel-bengkel pada umumnya. “Di sini boleh dikatakan buka 24
jam. Banyak anggota tim yang berkumpul, kongkow saat malam hingga pagi hari.
Kalau ada yang mau butuh perbaikan, silakan datang, ketuk saja. Nggak perlu
sungkan,” tutur Bowi, mekanik ahli KRS Vespa Servizio yang berlokasi di daerah
Pondok Kacang, Tangerang, Banten, Jawa Barat.
Vespa-vespa klasik menjadi pasien KRS Vespa Servizio. |
Bengkel tersebut mengkhususkan diri sebagai
spesialis perbaiakan dan modifikasi Vespa Klasik. Tak heran jika saat masuk ke
benkel itu, Bray Sist akan segera
disuguhi pemandangan mesin-mesin vespa yang sedang dibongkar, dan bodi vespa
yang sedang bersolek melalui serangkaian proses pengecatan. Masih awam dengan
mesin vespa? Mekanik di sana ramah-ramah kok. Mereka dengan senang hati menjelaskan
setiap pertanyaan. “datang dan gabung saja di sini. Setiap malam buka kok.
Nanti kita bisa ngobrol dan tukar pengalaman,” kata Bowi.
Mekanik berambut gondrong itu juga menuturkan,
bahwa bengkel tersebut merupakan bengkel pindahan “Sebelumnya bengkel ini
berlokasi di daerah Kreo, Ciledug. Di sini kami masih baru sekitar 4 bulan,”
paparnya sambil lakukan pengamplasan salah satu part vespa. Lalu, layanan atau servis apa saja yang bisa diperoleh
di bengkel itu? “Kami melayani tune up, turun mesin, body repair, custom, bikin pesanan
misalnya memikin vespa ala chopper, otoped dan pembuatan sespan”.
“Kami juga ahli mesin. Namun di sini belum
bisa melakukan pembubutan. Biasanya kalau harus ada yang dibubut, kami bawa ke
bengkel bubut Berkah Jaya Teknik yang berlokasi di daerah Japos,” kata Bowi.
Part Vespa yang terbuat dari
bahan babet butuk tukang las dan tukang bubut khusus. Logam tersebut
membutuhkan penanganan yang berbeda dengan penanganan yang dilakukan pada besi
pada umumnya.
Dalam 1 minggu bisa menangani 2 -3 vespa yang
harus menjalani turun mesin. Sementara pada setiap harin, KRS Vespa Sevizio
melayani servis kecil dan perbelanjaan spare part vespa. Misalnya membeli busi,
dan platina. “Umumnya yang datang kesini itu memperbaiki platina”, imbuh
Bowi. Lantas bagaimana dengan biaya
perbaikan? Turun mesin biaya jasanya
berkisar antara 350.000. “Biya tersebut di luar biaya bahan. Hanya tenaga
saja,” katanya. Berbagai spare part
yang disediakan yaitu platina, bearing,
tali-tali, karburator, dan lain sebagainya.
Semua suku cadang yang dibutuhkan disediakan
di sana. Namun, jika spare part yang
diinginkan tidak tersedia, tim KRS bisa membantu mencarikan spare part tersebut. “Harus dicarikan
kanibal atau copotan dari motor lain. Butuh waktu untuk menemukan. Yang pasti
harus bersabar selama memesan,” tuturnya.
Saat itu ada 6 vespa klasik yang sedang
ditangani di bengkel itu. Dua di antaranya sedang menjalani pengecatan bodi,
dan 4 lainnya menjalani perawatan turun mesin. Bowi beserta seorang mekanik
siap melayani urusan perbaikan mesin, sedangkan mekanik yang lainnya bertugas
menyelesaikan pekerjaan reparasi bodi dan modifikasi.
No comments:
Post a Comment