Sama seperti halnya dengan rantai, V-Belt untuk skutik juga memiliki ukuran standar panjang dan pendeknya. Terlebih, saat ini juga banyak ditawarkan v-belt variasi atau produk after market. V-belt variasi punya ukuran berbeda-beda. Sehingga sering membuat bingung calon penggunanya.
![]() |
V-Belt motor matik (Istimewa) |
Bebrapa mekanik menyarankan agar brosis menggunakan v-belt berukuran yang lebih pendek. Sementra itu, mekanik yang lain berpendapt bahwa v-belt berkuran lebih besar itu lebih kuat. Ukuran panjang atau pendeknya v-belt memeang dapat mengubah kecepatan. Namun sulit menemunkan v-belt modifikasi yang memiliki reability seperti v-belt sntandar pabrikan.
Nah, jika brosis tetap ngebet ingin melakukan modifikasi v-belt pada skutik , disarankan agar brosis memilih v-belt yang lebih tebal. Dengan demikian usia pakainya lebih lama. Lantas bagaimana dengan soal pervormanya? V-belt yang memiliki banyak sisi kontak langsung dengan pully maka akan semakin baik daya putarnya.
Agar lebih jelas mari kita melakukan komparasi terhadap spesifikasi beberapa v-belt. Contoh v-belt buatan pabrikan yang diaplikasikan pada tamaha Mio dan Nouvo. Keduanya menggunakan v-belt yang memiliki jumlah mata 78, diameter 85,1cm, lebar atas 18,80mm, lebar bawah 13,70mm tinggi 10,02mm dan jarak sumbu antar pully 28,5 cm.
Berikutnya mari kita cermati spesifikasi v-belt after market Bando yang diterapkan pada motor matic yang sama yaitu Yamaha Mio dengan v-belt kitaco dari Bando. V-belt ini memiliki jumlah mata 82, diameter 85,3cm, lebar atas 18,04mm, lebar bawah 13,84mm dan tinggi 10,10mm.
Dari data komparasi terlihat bahwa v-belt standar untuk Yamaha Mio mempunya diameter 85,1 cm dengan jumlah mata V-belt berjumlah 78 mata. Sedang diameter v-belt racing yang dijual di pasaran mempunyai diameter sama dengan standar tapi jumlah mata v-belt lebih banyak, yaitu berjumlah 82 mata.
Dengan jumlah mata yang lebih banyak berarti media v-belt yang nempel di pully jadi lebih banyak. Sehingga daya putar lebih baik dan v-belt lebih pendek dari standar akan mendapatkan akselerasi lebih baik pada rpm rendah hingga menengah.
No comments:
Post a Comment