Mobil yang sehat
selalu memberikan rasa nyaman bagi pengemudinya. Perawatan yang maksimal
menjadi kunci untuk mendapatkan mobil yang prima. Meskipun demikian, terkadang
ada pengguna mobil yang merasa terganggu karena mobilnya ngelitik atau
mengeluarkan suara yang mengganggu dari bagian mesin.
Ilustrasi mobil mewah mengisi BBM Premium. |
Sebenarnya apa sih,
yang mempengaruhi mobil ngelitik sehingga mengganggu pengguna? Dalam beberapa
literatur ngelitik itu situasi dimana pembakaran yang terjadi pada ruang
bakar mesin tidak sempurna.
Misalnya bahan bakar
yang seharusnya terbakar dalam waktu yang telah ditentukan sesuai siklus
mesin tidak tercapai. Intinya mesin ngelitik karena pembakaran tidak sesuai.
lalu apa penyebabnya?
Baca Juga: VW 1974, Kendaran Camat yang Doyan Perang
Terkait hal ini,
Direktur PT Surganya Mobil Indonesia, Wing Wiryadi Joe menjelaskan salah satu
penyebab mesin mobil ngelitik adalah penggunaan bahan bakar dengan oktan yang
tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil.
"Misalnya mobil
mintanya oktan 92, kita pakai yang oktannya sangat jelek seperti dulu adanya di
premium denga oktan 88. Lama-kelamaan mobil kana ngelitik. Apalagi sekarang
mobil sudah pake sistem komputerisasi dengan ECU. Di ECU ada toleransi untuk
menjudge timing bahan bakar dan udara untuk pembakaran," kata Wing pada
jawaPos.com beberapa waktu lalu.
Ia menambahkan
penggunaan behan bakar yang tidak sesuai juga akan membuat komponen mobil
seperti piston atau klep mobil rusak. Dalam bahasa otomotif ada istilahnya
detonasi dimana temperatur dalam ruang bakar akan sangat terlalu tinggi karena
pembakaran tidak sempurna.
"Pakai bensin
yang tidak sesuai juga bisa membuat piston dan klep mobil rusak karena ruang
bakarnya yang sangat panas. Jadi sebenarnya di ruang bakar itu ada toleransi
dimana volume bahan bakar dan udara yang masuk harus seimbang. Kalau tidak, ya
mobilny angelitik," jelasnya.
Lebih rinci dia
menerangkan mobil yang sudah dilengkapi ECU sebagai otak, kadang hanya mampu
membaca sesuai dengan spesifiaksi bahan bakar yang diminta. . Misalnya bahan
bakarnya harus diatas oktan 90 dan pemobil memaki oktan 88, maka komputer tidak
membacanya dengan baik sehingga penyemprotan bahan bakar dan udara tidak
seimbang.
"Kalau komputer
hanya mampu baca atau tolerasni hanya sampai oktan 90. lalu kita masukan bahan
bakar oktan 88, udaranya juga sudah maksimal tidak bisa lagi. akhirnya terjadi
ngeliti itu. ngelitik itu artinya pembakaran tidka sempurna. biasanya karena
over peakaian bahan bakar," tukasnya
No comments:
Post a Comment