MERAWAT RADIATOR: Tetap Adem Menembus Panasnya Jalur Mudik - KABAR BISNIS MU

KABAR BISNIS MU

Bisnis adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk menghasilkan uang dengan memproduksi dan menjual suatu produk, baik itu barang atau jasa. KABAR BISNISMU memberikan segudang informasi tentang peluang usaha, bisnis,kuliner,tehnologi dan berita berita terbaru

Breaking

Monday, February 4, 2019

MERAWAT RADIATOR: Tetap Adem Menembus Panasnya Jalur Mudik


Skutik berpendingin cairan atau yang telah dilengkapi dengan sistem pendingin radiator sudah pasti punya performa baik walau terpapar kondisi cuaca panas. Agar sistem pendingin beroperasi maksimal, disarankan supaya Bray and Sist melakukan perawatan radiator sebelum mengajak skutik melanglang kampung. Apa saja yang harus dicermati? Berikut langkah dan hal penting yang harus dilakukan saat melakukan perawatan radiator.

Radiator sepeda motor.
Menjaga Kebersihan Radiator
Pastikan radiator terbebas dari debu, percikan lumpur yang mengering, maupun kotoran lain. “Posisi radiator matic di sisi sebelah kanan bawah. Desain seperti itu membuat radiator mudah terkena kotoran. Pemasangan cover bisa mengurangi risiko itu. Tapi sebaiknya memilih cover yang tidak menghalangi sirkulasi udara untuk radiator. Beberapa cover didesain dengan kipas yang bisa membantu sirkulasi udara menuju radiator,” papar Topik mekanik dari ARM Motor.

Bray and Sist bisa membersihkan kisi-kisi radiator dengan bantuan semprotan air bertekanan sedang. Disarankan sebagiknya tidak menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Sebab dikawatirkan bisa merusak kisi-kisi radiator yang dibuat dari aluminium tipis. Kotoran yang melekat dan sulit dibersihkan bisa diangkat dengan bantuan penjepit atau pinset.

Periksa Isi Atau Cairan Coolant
Menurut Yanu Suprapto Kepala Mekanik Bengkel AHASS Sumber Jaya Motor agar Bray and Sist melakukan pemeriksaan cairan coolant dalam penampungan cairan cadangan (reservoir) setiap seminggu sekali.  Reservoir skutik berada di bawah jok.

Cairan coolant sebaiknya juga dipilih yang tepat. Disarankan agar tidak tertipu oleh warna. Zat pewarna sama sekali tidak berpengaruh terhadap fungsi pendinginan. Pada dasarnya carian coolant mengandung 2 unsur penting yaitu glycol dan anti karat. Glycol berfungsi untuk memperpanjang titik didih dalam sistem pendinginan, sedangkan anti-karat berfungsi untuk melindungi besi di dalam radiator agar tidak mudah mengalami korosi.

Jadi saat memilih caran coolant, Bray and Sist wajib mencerati spesifikasinya. Perhatikan kandungan glycol dan anti-karat yang terdapat di dalam ramuan tersebut.

Mengganti Coolant
Idealnya, cairan radiator diganti setiap 120.000km. Namun, Tujuannya untuk membuang kotoran, kerak maupun karat yang mengendap di dalam radiator. Nah, jika motor milik Bray and Sist sudah mendekati  120.000km, sebaiknya cairan coolant diganti sebelum motor tersebut diajak mudik.

Boks
Kondisi Darurat
Dalam kondisi darurat, Bray and Sist diizinkan mengisi radiator dengan air mineral untuk menambah air pendingin. Tidak disarankan menggunakan air ledeng atau air sumur. Ada baiknya Bray and Sist membawa cadangan coolant yang berbentuk konsentrat. Coolant seperti ini bisa diracik sendiri dengan menggunakan air mineral.


No comments:

Post a Comment