Burger Setan: Sensasi Burger Berwarna Hitam - KABAR BISNIS MU

KABAR BISNIS MU

Bisnis adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk menghasilkan uang dengan memproduksi dan menjual suatu produk, baik itu barang atau jasa. KABAR BISNISMU memberikan segudang informasi tentang peluang usaha, bisnis,kuliner,tehnologi dan berita berita terbaru

Breaking

Wednesday, February 6, 2019

Burger Setan: Sensasi Burger Berwarna Hitam


Keuntungan dan jumlah mitra banyak bukan tujuan utama Syaiful M, pemilik Burger Setan.  Pria ini lebih mendahulukan keberlanjutan usaha bersama dengan mitra-mitra usahanya.

Burger hitam diracik dengan bahan alami dan pewarna alami.
Untuk mencapai hal tersebut, pendampingan mitra selalu diprioritaskan.  “Jumlah mitra tidak banyak tak apa-apa.  Yang penting mereka bisa menjual banyak dan bisnisnya terus berkembang,” tandasnya.  Sebelum menjadi mitranya, Syaiful akan menanyakan lokasi tempat usaha yang dipilih oleh calon mitra.  Ia akan menganalisa kelayakan tempat usaha tersebut.  “Saya akan mencoba dengan gerai saya terlebih dulu.” 

Setelah beberapa saat dan diketahui potensinya, ia baru bisa memberikan saran kepada calon mitra.  Kalau tak layak, disarankan untuk mencari tempat lain yang lebih baik. Pendampingan terhadap mitra juga dilakukan melalui pelatihan. Syaiful akan mengajarkan segala standard operating procedure (SOP) yang harus dilakukan.  Dimuai dari cara memasak, melayani pelanggan hingga pengelolaan bahan baku, dan keuangan.  Tepatnya pada 22 November 2010 Burger Setan mulai membuka diri pada kalangan masyarakat dan pengusaha yang ingin merasakan produk inovatif asli dari Indonesia

Kualitas ham unggulan

Bisnis yang ia tekuni saat ini didukung oleh jaringan kuat bisnis orang tauanya.   “Orangtua saya  bisnis stok daging.  Lalu saya berfikir, bagaimana caranya menambah nilai produk daging. Munculah ide membuat ham untuk pembuatan burger,” tutur Syaiful. Latar belakang tersebut juga membuat Syaiful mampu memroduksi ham berkualitas bagus dengan pengetahuan pemilihan kualitas daging yang tepat.  Jaringan pemasok daging juga membuat pengusaha burger ini berani menyajikan ham lebih tebal dari ukuran ham pada umumnya, namun dengan harga bersaing.  “Kalau pada umumnya ham tebalnya hanya 0,5 cm, ham buatan saya tebalnya 1 cm,” papar Syaiful.

Soal prospek bisnis hamburger, Syaiful menuturkan, burger bukan merupakan makanan musiman. Sehingga bisnis seperti ini menurutnya bersifat stabil.  “Dari dulu sampai sekarang orang senang makan hamburger,” tuturnya.  Melihat adanya kegemaran masyarakat mengkonsumsi hamburger, Syaiful kemudin berinovasi.  Terciptalah burger berwarna hitam. Burger gelap itu diberinama burger setan.  Menurutnya, warna hitam muncul dengan penambahan daun pandan, rempah-rempah, dan pewarna biskuit.

Lalu bagaimana tanggapan pasar terhadap inovasi burger tersebut?  “Kali pertama saya menjual dalam sehari saya bisa  50 buah burger. Harganya Rp 7.500/ buah.  Jadi saat itu saya bisa meraup omzet Rp 375.000 / hari.  Saat ini, Syaiful mampu menjual Burger Setan sebanyak 500 porsi dalam 1 hari.  Melihat tanggapan pasar yang bagus, Syaiful tertarik mengembangkan usahanya dengan konsep kemitraan atau business opportunity (BO). “Konsep kemitraan saya terapkan 4 bulan lalu.  Sekarang sudah ada 7 mitra,” tuturnya.   Tahun ini Syaiful menargetkan jumlah mitra sebanyak 100 mitra.  Untuk mewujudkan harapan tersebut , berbagai strategi sudah dilakukan.  Diantaranya pemasaran melalui internet.  Ia menuturkan, pemasaran internet sangat efektif, efisien dan murah.  “Banyak orang bisa kita temui di internet.  Banyak komunitas bisa diikuti.  Kita bisa menawarkan produk di sana secara bebas 24 jam,” imbuhnya.

Pasokan bahan baku

Biaya kemitraan antara wilayah tidak sama, karena perbedaan tingkat kesulitan dan biaya awal untuk persiapan pembukaan gerai mitra, untuk standar persaingan jarak antara outlet yang sama 2 km kecuali ada pertimbangan lain.  Syaiful menyarankan agar calon mitra memilih lokasi usaha yang strategis dan berpotensi bagus.  Misalnya mal, pasar, kantin di perkantoran, kampus, ruas jalan besar 2 arah.  “Intinya, lokasi tersebut selalu ramai dikunjung orang,” tandasnya.

Salah satu klausul perjanjian, mitra wajib menggunakan bahan baku yang disediakan oleh Syaiful.  Mekanisme pengiriman bahan pokok ke wilayah seluruh jawa, daging dan roti burger dikirim melalui, Sidoarjo, atau Surabaya. Melalui ekspedisi TIKI, JNE atau cargo kereta api . Sedangkan daging dikirim dalam keadaan beku, sementara roti di sealer.  Seluruhnya dikemas dengan aman supaya tetap menjaga kualitas fisik,dan untuk bahan baku lainya mulai sayur,keju, bisa di peroleh melalui mitra. Bagi mitra yang berlokasi di luar pulau jawa , pengiriman melalui jalur udara, dan mitra wajib untuk mengambil paket melalui bandara terdekat.

Sebagai gambaran harga bahan lengkap, kecuali sayur, daging 2000/biji minimal pengiriman 300 porsi atau Rp 600 ribu , roti BS 1000/biji  minimal pengiriman 300 porsi  atau Rp 300 ribu , bungkus burger 300/biji minimal order 300 buah atau Rp 90 ribu.  Untuk awal pembukaan outlet di wilayah Pulau Jawa di sarankan 300-600 porsi, tergantung lokasi strategis.  Sedangkan untuk pembukaan di luar Pulau Jawa di sarankan 500-1000 porsi, tergantung lokasi strategis.

No comments:

Post a Comment