Tips Memilih Kampas Rem Motor - KABAR BISNIS MU

KABAR BISNIS MU

Bisnis adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk menghasilkan uang dengan memproduksi dan menjual suatu produk, baik itu barang atau jasa. KABAR BISNISMU memberikan segudang informasi tentang peluang usaha, bisnis,kuliner,tehnologi dan berita berita terbaru

Sunday, February 3, 2019

Tips Memilih Kampas Rem Motor


Organik, semi-metal, atau sinter, kampas rem  yang tepat untuk sepeda motor Anda yang mana?

Ilustrasi proses pemeriksaan kampas motor. 
Ketika jadwal mengganti kampas rem tiba, And akan berhadapan dengan sebuah pilihan keputusan. Anda memiliki tiga bahan kampas rem untuk dipilih. Yaitu kampas organik, semi-logam, dan sinter.

Bantalan logam sinter paling banyak dan umum digunakan. Hal itu yang membuat persediaan kampas kopling ini banyak di temukan di pasaran. Istilah sinter mengacu pada proses produksi yang menggunakan panas dan tekanan ekstrim untuk menyatukan lapisan perunggu yang berbentuk serbuk ke bagian pelat di bagian belakang. Kampas rem sinter menawarkan gigitan atau pengereman yang kuat, mempu menghentikan gerak berkekuatan besar, dan usia pakai yang lama.

Kampas rem sinter ideal untuk sepeda motor sport. Harga kampas sinter relatif lebih mahal dibandingkan dengan kampas semi-logam dan organik. Namun dengan performa yang lebih baik dan umur lebih lama, biaya yang Anda keluarkan menjadi sepedan dengan kualitasnya. Kampas rem sinter memerlukan kondisi yang sedikit panas agar bisa bekerja dengan baik. Meskipun demikian, kampas rem ini menawarkan performa yang baik dan punya unjuk kerja baik dalam berbagai kondisi.

Sementara itu, kinerja adalah bantalan rem organik tidak seperti bantalan sinter, yang seluruhnya logam, bantalan organik memiliki kandungan logam yang sangat sedikit. Yang termasuk dalam bantalan logam yaitu meliputi logam non-besi. Diantaranya yaitu: tembaga, timah, dan aluminium. Logam-logam itu ditaburkan ke lempeng kampas rem untuk memperbaiki kemampuan agar tidak mudah aus dan dayatahan gesekan. Bagian lain dari kampas rem meliputi campuran serat karet, kaca, dan aramid yang dicampur dengan resin perekat yang tahan panas.

Kampas rem organik punya karakter yang lembut. Kampas rem jenis ini menawarkan gigitan awal yang lembut. Kampas ini sama sekali tidak mengeluarkan suara berisik, serta sangat mudah diaplikasikan untuk sepeda motor. Soal harga? Kampas organik lebih ramah di dompet. Namun, kampas rem organik memiliki masa pakai yang lebih singkat dibandingkan dengan kampas rem sinter dan semi-logam. Kampas organik tidak cocok digunakan untuk pengendara agresif. Kampas organik umumnya digunakan pada sepeda motor yang diproduksi sebelum tahun 1990an.

Foto: Teguh


No comments:

Post a Comment